Pages

Senin, 14 November 2011

Seminar Nasional Ekonomi Islam & Rapat Pimpinan Nasional FoSSEI

Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) dan BSO KSEI UNJ pada tanggal 22 Oktober 2011, bertempat di gedung sertifikasi guru lantai 8, telah mengadakan suatu even  nasional yaitu Seminar Nasional Ekonomi Islam yang bertemakan “Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Memajukan Ekonomi Islam”. Acara seminar nasional ini berlangsung dari pukul 09.00 WIB – 15.00 WIB.

Acara seminar nasional terbagi dalam dua sesi yang mengundang empat pembicara. Yaitu: Dr. Agustianto Mingka, M.Ag., Dr. Euis Amalia M.Ag., (Kaprodi FSH Muammalat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), Ali Sakti (Peneliti junior Bank Indonesia) dan Aziz Budi Setiawan, SEI., MM. (ketua program studi keuangan dan perbankan syariah,SEBI)

Pada sesi pertama, Ibu Dr. Euis Amalia M.Ag dan Bapak Dr. Agustianto Mingka, M.Ag. menyampaikan presentasinya mengenai “Peran Perguruan Tinggi dalam Pengembangan Ekonomi Islam”. Selanjutnya, pada sesi kedua, Bapak Ali sakti dan Bapak Aziz Budi Setiawan menyampaikan presentasi mengenai “Membangun Sumber Daya Insani yang Berkualitas dalam Pengembangan Ekonomi Islam.” Presentasi dari kombinasi empat pembicara tersebut mampu mengobarkan semangat para ekonom robbani FoSSEI untuk terus istiqomah mendakwahkan dan membumikan ekonomi islam seiring dengan tantangan dan kemajuan zaman pada saat ini.
Acara ini dihadiri oleh berbagai kalangan baik mahasiswa, masyarakat umum, akademisi ekonomi syariah dan juga beberapa utusan perwakilan dari pengurus regional FoSSEI serta perwakilan KSEI tiap daerah di Indonesia. Mulai dari daerah regional sumatera, kalimantan, jawa, jabodetabek, bengkulu, banten, dan lainnya. Dihadiri lebih dari 100 peserta hingga membuat ruang seminar hampir penuh.

Harapan kedepan, berharap bahwa perguruan tinggi dapat lebih berperan aktif dalam menciptakan sumber daya insani yang siap menjawab tantangan zaman dan juga kebutuhan di industri keuangan syariah yang terus tumbuh berkembang. Sinergitas antara perguruan tinggi sebagai pencetak sumber daya insani yang memahami aspek ekonomi islam dan manajemen keuangan dapat menunjang industri keuangan syariah & lembaga yang bergerak di bidang ekonomi syariah lainnya. Sehingga ekonomi islam dapat tersosialisasi dengan baik kepada masyarakat luas.
Setelah acara seminar nasional selesai, pada pukul 16.00 WIB, acara dilanjutkan dengan rapat pimpinan nasional (rapimnas) yang dipimpin oleh presidium nasional FoSSEI. Setelah acara Rapimnas dibuka, Para presidium memberikan arahan umum terkait kebijakan FoSSEI kedepan. Setelah itu, diadakan juga pertemuan antara koordinator regional (korreg) tiap daerah dengan presidium nasional terkait kebijakan FoSSEI yang akan diteruskan/dilaksanakan oleh pengurus regional dan beberapa agenda kedepan.
Dan untuk para utusan KSEI, diadakan juga workshop&sharing kaderisasi yang dipimpin oleh departemen nasional (Depnas) kaderisasi. Acara tersebut berlangsung sangat interaktif antara depnas dan utusan KSEI. Workshop tersebut membahas terkait kurikulum DEI, waktu pelaksanaan DEI, muatan materi DEI, dan perlu adanya acara roadshow oleh regional/komsat untuk menjelaskan isi buku manajemen KSEI.
Forum Silaturahiim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) dan BSO KSEI UNJ pada tanggal 23 Oktober 2011, bertempat di Wisma Haji Indonesia, Cempaka Putih – Jakarta, mengadakan lanjutan dari rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Acara ini masih membahas terkait arah kebijakan&strategi FoSSEI kedepan dalam membumikan ekonomi islam pada waktu pagi harinya.

Pada kesempatan kali ini, hadir Pak Hendro Wibowo selaku presidium nasional korps alumni FoSSEI yang juga merupakan mantan presidium nasional FoSSEI dan juga Pak Ali Sakti selaku dewan pembina FoSSEI. Para tokoh tersebut datang untuk memberikan spirit taujih (motivasi) kepada para pengurus KSEI/Regional daerah.

Di akhir/penutupan acara sekitar pukul 12.30 WIB, dibacakanlah kesimpulan yang menjadi ringkasan dari Rapimnas yang telah dilaksanakan selama dua hari. Tiap presnas membacakan kesimpulan dan hasil kebijakannya. Kemudian, imam punarko selaku koordinator presidium nasional FoSSEI membuat manifesto Rapimnas FoSSEI 2011 yang merupakan ikhtisar dari seluruh kebijakan yang telah dirumuskan selama Rapimnas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar